Thursday, June 19, 2008

SAATNYA MENCARI NAMA UNTUK ANAKKU

Apalah arti sebuah nama?

Mungkin itu ungkapan Shakespeare berapa puluh tahun yang lalu. Nama menjadi sebuah identitas yang seolah-olah kurang penting dalam kehidupan seseorang. Yang penting itu kehidupannya bukan orangnya. Apa benar tuh?

Orang Jawa zaman dulu pun banyak yang menganggap bahwa nama bukan sesuatu yang penting bagi si anak. Ada anak yang diberi nama cikrak, sulak, bendo, dsb. Entah karena pengetahuan atau mungkin tradisinya yang masih menganggap bahwa nama itu hanyalah sebuah tetenger atau tanda tanpa memiliki makna apapun. Sebenarnya nama atau identitas anak itu sangat berpengaruh pada kehidupan anak tersebut di masa datang. Secara tidak langsung anak yang memiliki nama-nama yang hanya asal diberikan oelh orang tuanya, seperti nama-nama di atas akan menjadi beban bagi anak. Perasaan malu kepada teman atau lingkungan sekitarnya, karena namanya yang kurang bagus. Apalagi kalau menjadi bahan olok-olok dari anak-anak lain. Si Anak yang punya nama itu akan merasa minder dan selanjutnya akan menjadi tertutup terhadap semua orang.

Walaupun belum ada penelitian yang membahas mengenai hubungan nama-nama yang diberikan oleh orang tua kepada anak dengan perkembangan mental anak. Tetapi dapat kita bayangkan dengan diri kita sendiri. Nama adalah identitas diri kita yang dapat membedakan diri kita dengan orang lain. Perasaan kecewa akan muncul manakala orang lain meremehkan atau bahkan mengolok-olok identitas kita. Begitu pula sebaliknya perasaan bangga akan muncul manakala nama kita disebut dan dihargai oleh orang lain.

Pemberian nama yang baik oleh orang tua akan memberikan rasa bangga dan percaya anak kepada orang tuanya. Bagi orang tua yang beragama, nama bukan sekedar tanpa makna. Tetapi nama adalah sebuah doa, sebuah pengharapan dari orang tuanya kelak anak/bayi ini akan menjadi apa atau menjadi siapa. Seperti yang pernah disampaikan oleh Rasullah SAW bahwa nama adalah sebuah doa. Doa kepada orang tua akan dapat memberikan barokah bagi si Anak, sehingga diharapkan si Anak akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang soleh atau solihah yang patuh kepada kedua orang tuanya.
Begitu pentingnya sebuah nama bagi si Anak, sampai Rasullah SAW mengatakan bahwa nama adalah hak si Anak yang harus diberikan orang tua. Seperti yang pernah disabdakan oleh Rasullah SAW, pernah seorang sahabat datang kepada Rasullah SAW bahwa Rasululloh SAW bersabda,“Seseorang datang kepada Nabi(SAW) dan bertanya,”Ya Rasululloh, apa hak anakku ini?” Nabi SAW menjawab,”Memberinya nama yg baik, mendidik adab yg baik, dan memberinya kedudukan yg baik (dalam hatimu)”. (HR Aththusi).
Nah, kini saatnya bagi para orang tua, termasuk saya (he..he..), untuk berburu nama-nama bagi bayiku. Kini telah banyak buku atau di internet sudah banyak tersedia kumpulan nama-nama bayi dari berbagai bahasa. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memberi nama kepada bayi,
1. dapat langsung menggabung kata-kata demi kata dari satu bahasa
misal dari bahasa Arab Muhammad Saifuddin Zuhri
2. dapat langsung menggabung kata-kata demi kata dari beberapa bahasa
misal dari bahasa Arab dan Sansekerta Nur Laili Candra
3. menggabung suku kata dari nama orang tuanya
misal gabungan nama orang tuanya Adi dan Riza kemudian diambil bagian belakangnya
menjadi DIZA
4. menggunakan nama bulan, bintang kelahiran, atau bahkan nama tempat
misal lahir bulan Agustus namanya menjadi Agus, atau bintang kelahiran misal Librawati,
atau nama tempat misal Medina
5. Dan masih banyak lagi cara yang dapat dipakai.

Cara pemberian nama ini bergantung pada kreativitas orang tuanya untuk memberikan nama kepada bayinya. Yang penting perlu diingat nama adalah doa, untuk itu perlu diberikan nama-nama yang baik, mudah diingat/diucapkan, bukan nama-nama yang nantinya akan menjadi beban bagi si Anak ketika sudah besar nanti. Sedapat mungkin nama-nama itu akan bisa memberikan kebanggaan bagi orang tua dan khususnya juga bagi si Anak itu sendiri.
Berikut ini kami sertakan nama-nama bayi islami yang dapat diunduh oleh pembaca, semoga bermanfaat. Klik di sini Nama-Nama Bayi Islami



1 comment:

Anonymous said...

aduh ... kapan punya anak ya hihihi